Acara Launching dan Sosialisasi MTQ VII KORPRI Nasional Di Kalteng

beliangn Selasa, 6 Agustus 2024 06:39:33 88

BeliangNews  – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah menghadiri Launching dan Sosialisasi MTQ VII KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2024, bertempat di Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (6/8/2024).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, bersama dengan Ketua Dewan Pengurus KORPRI Nasional Zudan Arif Fakrulloh.

Penyelenggara kegiatan Launching dan Sosialisasi MTQ VII KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2024, Sri Suwanto selaku Ketua Panitia Daerah dalam laporan persiapan MTQ VII Tingkat Nasional Tahun 2024 menyampaikan tiga tujuan kegiatan MTQ Korpri ini.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al-Quran. Kedua, meningkatkan syiar dan ukhuwah Islamiah antar Korps Pegawai Republik Indonesia se-Indonesia. Ketiga, melestarikan seni dan budaya Qurani di kalangan birokrasi,” terang Sri.

Lebih lanjut, Sri mengungkapkan bahwa sasaran dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi Korpri mengembangkan soft skill Al-Quran, dan mengaktualisasikan nilai-nilai kandungan Al-Quran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta pemahaman, penghayatan, penulisan, dan pengamalan nilai-nilai seni budaya Islami di kalangan Korpri.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Nuryakin dalam sambutannya menerangkan bahwa MTQ VII KORPRI Nasional kali ini mengusung tema ASN Unggul, Cerdas, Mulia, dan Berakhlakul Karimah, dengan memperlombakan sembilan cabang dan 30 golongan. Menurutnya, MTQ KORPRI hendaknya dapat dimaknai sebagai momentum yang tepat dalam mengaktualisasikan ajaran Islam dalam kehidupan kita, dimana ajaran Islam adalah Kafah artinya menyeluruh, melingkupi seluruh aspek kehidupan mulai tataran teori sampai dengan tataran praktek.

“Pelaksanaan MTQ Korpri juga mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM unggul dan peningkatan kinerja ASN, melalui pendekatan diri dengan Al-Quran Al-Karim sehingga akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi ASN untuk berbakti dan memberikan karya terbaiknya menuju Indonesia Mulia,” beber Nuryakin.

Sementara itu, Kepala Dislutkan Darliansjah yang turut menghadiri kegiatan ini mengatakan bahwa MTQ merupakan momentum strategis untuk meningkatkan kompetensi diri.

“Jangan jadikan Al-Quran sebagai pajangan di rumah, untuk ASN Muslim maka MTQ VII Korpri Tingkat Nasional Tahun 2024 di Kalteng merupakan momentum strategis menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup kita sehari hari, agar bekerja berkinerja, berprestasi dan berinovasi,” pungkas Darliansjah.

Sebagai informasi, MTQ VII Tingkat Nasional ini akan berlangsung dari tanggal 3-10 November 2024 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dengan memusabaqohkan 9 (sembilan) cabang dan 30 golongan dengan 180 juara dari Juara 1, 2, dan 3 serta Juara Harapan 1, Harapan 2, dan Harapan 3. ( Dr )

Komentar

Berita Terkait